Memulai bisnis berwawasan lingkungan saat ini sudah bisa dilakukan oleh siapa saja. Contohnya adalah semakin populernya model bisnis waralaba ramah lingkungan. Dalam artikel ini, kami di Fantastic Services memberikan Anda daftar manfaat mengembangkan waralaba pembersih di Inggris, industri pembersih rumah, dan cara untuk bertindak ramah lingkungan.
Apa tren lingkungan utama bagi dunia usaha?
Apa alasan utama di balik pelanggan menuntut produk dan layanan yang mereka gunakan ramah lingkungan? Tidak diragukan lagi, wabah virus corona dan pemanasan global adalah penyebab utamanya.
Sangat beruntung bahwa keramahan lingkungan merupakan fitur yang sangat diperlukan dari merek modern karena pelanggan akan mempertimbangkan aspek keberlanjutan dan ramah lingkungan dari produk atau layanan yang mereka gunakan.
Mari kita periksa beberapa tren lingkungan terkemuka dalam bisnis saat ini dan apa yang perlu diingat jika Anda ingin berhasil membangun perusahaan waralaba pembersih ramah lingkungan.
- Kemasan yang lebih ramah lingkungan – hal ini akan menjadi tren penting di masa depan karena sampah plastik berdampak signifikan terhadap lingkungan. Banyak negara yang menerapkan aturan ketat terhadap plastik sekali pakai. Aturan-aturan ini mendorong semakin banyak perusahaan untuk mendaur ulang kemasan atau produk untuk mengurangi dampak berbahaya dari sampah semacam ini terhadap alam.
- Mengurangi limbah pelanggan dan bisnis – seiring bertambahnya populasi bumi, sampah yang dibuang manusia juga ikut bertambah. Meskipun semua upaya telah dilakukan untuk mengumpulkan sampah secara terpisah dalam beberapa tahun terakhir, lingkungan tidak dapat mengatasi jumlah sampah yang dihasilkan oleh masyarakat dan dunia usaha.
Mengurangi sampah secara aktif semakin populer di kalangan perusahaan dan dunia usaha. Bagaimana cara kerjanya? Melalui wadah pengumpulan sampah yang terpisah, meminimalkan atau menghilangkan pengemasan, dan meningkatkan digitalisasi – mengirimkan dokumen secara online dibandingkan melalui pos dan kertas, dll. Topik penting lainnya adalah sampah makanan, yang menghasilkan lebih banyak gas rumah kaca dan sangat penting bagi pemanasan global.
- Energi terbarukan dan efisiensi seperti tenaga surya dan angin – karena meningkatnya biaya sumber daya tradisional, semakin banyak perusahaan yang mencari opsi untuk meningkatkan biaya mereka. Salah satu pilihannya adalah melalui penggunaan alternatif seperti panel surya di negara-negara selatan dan pembangkit listrik tenaga angin sebagai sumber energi alternatif di negara-negara utara.
- Ekonomi sirkular (model bisnis sirkular) – pengolahan pakaian, sepatu dan pakaian jadi lainnya; model ini menawarkan berbagai solusi untuk permasalahan sampah. Saat ini, sudah menjadi tren di mana perusahaan mengambil peran bertanggung jawab terhadap perlindungan lingkungan dan kemudian mendaur ulang pakaian atau sepatu pelanggan daripada membuangnya langsung ke tempat sampah.
Mengapa tren ini berhasil untuk waralaba?
Saat ini, faktor yang semakin penting bagi keberhasilan perusahaan dalam waralaba kebersihan apa pun adalah kepedulian terhadap lingkungan, keberlanjutan, dan perlakuan terhadap pelanggan. Hal ini akan meningkatkan hasil jumlah pelanggan, pendapatan, dan peningkatan reputasi.
Menurut statistik terkini, jumlah pembeli di Inggris yang cenderung membeli merek-merek yang ramah lingkungan saat ini berjumlah lebih dari 50%, dan jumlah ini telah meningkat dari 30% pada tahun 2021 hingga 2023.
Banyak pelanggan saat ini menentukan merek yang akan dibeli berdasarkan aktivitas lingkungan yang dilakukan perusahaan saat ini. Melalui penggunaan langkah-langkah berkelanjutan, waralaba memiliki peluang untuk menarik pelanggan ramah lingkungan, yang hanya akan meningkatkan reputasi merek mereka.
Apa arti model bisnis ramah lingkungan bagi bisnis Anda? Hal yang paling mendasar adalah hal ini akan memungkinkan Anda menjadi kompetitif dan membedakan diri Anda. Selain itu, jika Anda menerapkan langkah-langkah efisiensi energi dan pengurangan limbah, Anda akan menghemat biaya operasional.
Investor dan calon pewaralaba semakin mempertimbangkan faktor ramah lingkungan dan sosial ketika mereka memutuskan apakah mungkin untuk berinvestasi di satu perusahaan. Waralaba ramah lingkungan dapat menarik lebih banyak minat dan dukungan dari individu yang ingin menyelaraskan investasi mereka dengan praktik berkelanjutan.
Mengapa Ramah Lingkungan menjadi franchise teratas saat ini?
Menyusul pandemi COVID-19 dan kejadian di Ukraina, lingkungan bisnis di seluruh Eropa telah berubah karena pasokan energi terganggu, dan hal ini menyebabkan peningkatan biaya bagi perusahaan dan pelanggan.
Tentu saja, respons yang diberikan adalah meningkatnya minat terhadap investasi energi terbarukan. Industri waralaba, khususnya waralaba bisnis kebersihan, merupakan contoh meningkatnya minat terhadap ekologi, energi terbarukan, dan pengurangan emisi.
Perubahan iklim adalah topik hangat lainnya. Investasi di dalamnya meningkat dalam beberapa tahun terakhir sementara transisi dari ekonomi berbasis karbon ke ekonomi sirkular sedang berlangsung. Pada tahun 2021, USD 366 miliar telah diinvestasikan dalam energi terbarukan secara global.
Ide ramah lingkungan untuk waralaba ramah lingkungan
Waralaba adalah cara yang populer untuk memulai dan mengembangkan perusahaan yang sukses, meskipun industrinya sangat kompetitif, karena menggunakan pengetahuan yang sudah ada. Model waralaba ramah lingkungan adalah salah satu contohnya.
Agar ramah lingkungan, perusahaan Anda harus mempertimbangkan cara mengurangi emisi gas rumah kaca dan menghilangkan atau setidaknya mengurangi limbah plastik dan makanan. Itulah yang dimaksud dengan menjalankan waralaba ramah lingkungan.
Di sini, Anda dapat menemukan beberapa ide dan tip tentang memulai waralaba ramah lingkungan:
- Buatlah franchise yang fokus menyediakan bahan makanan dengan kemasan minimal atau tanpa kemasan. Dorong pelanggan Anda untuk membawa wadah dan tas yang dapat digunakan kembali. Semakin banyak contoh perusahaan yang menerapkan penggunaan kemasan ramah lingkungan, mengurangi penggunaan plastik, dan menerapkan standar daur ulang dalam proses produksi.
- Buka waralaba yang menjual produk yang dapat digunakan kembali dan ramah lingkungan seperti botol air, tas atau wadah yang dapat digunakan kembali. Anda dapat mempromosikan gaya hidup tanpa sampah, seperti yang telah dilakukan oleh raksasa global seperti Alibaba dan Coca-Cola. Alibaba mendorong pelanggannya untuk membuka kiriman mereka di tempat dan membuang kemasan yang tidak diinginkan ke tempat daur ulang. Coca-Cola mengumpulkan dan mendaur ulang satu botol atau kaleng untuk setiap penjualan, dan pada tahun 2030, Coca-Cola akan menggunakan 50% bahan daur ulang dalam botol dan kalengnya.
- Waralaba di industri rumah tangga dan pembersihan ramah lingkungan juga merupakan pilihan bagus untuk menjadi ramah lingkungan. Jika Anda ingin sukses dalam industri ini, Anda harus menawarkan layanan pembersihan kepada pelanggan Anda menggunakan produk pembersih yang tidak beracun dan dapat terurai secara hayati.
Anda dapat menawarkan layanan ramah lingkungan untuk memposisikan diri Anda sebagai solusi ramah lingkungan terhadap permasalahan mereka. Berikan layanan seperti membersihkan debu ringan dan pekerjaan berat seperti membersihkan dapur dan kamar mandi. Anda juga bisa berorientasi kooperatif, mempromosikan solusi pembersihan kantor.
Peluang lain untuk menjadi ramah lingkungan adalah dengan memulai bisnis waralaba di bidang pertamanan. Berikan beberapa nasihat dan bantuan profesional kepada pemilik rumah untuk menjadikan pekarangannya lebih hijau.
Area waralaba terbaik untuk beradaptasi dengan gelombang hijau
Tidak diragukan lagi, meningkatnya minat terhadap ekologi dan keramahan lingkungan menjadikan pilihan pengembangan usaha di sektor ini sangat menarik dan memberikan peluang untuk berkembang. Di sektor waralaba, hal yang sama juga terjadi – trennya juga pada model bisnis yang berfokus pada keberlanjutan dan ramah lingkungan.
Jika Anda mempertimbangkan untuk mengadaptasi gelombang hijau untuk waralaba, berikut beberapa bidang yang sangat menjanjikan:
- Bisnis waralaba yang fokus pada tenaga surya, angin, atau energi terbarukan lainnya. Contohnya adalah pemasangan dan penggunaan panel surya atau energi dari pembangkit listrik tenaga angin. Ada juga peluang bisnis untuk menciptakan waralaba yang akan menjual dan menjual produk-produk ramah lingkungan seperti pakaian ramah lingkungan, barang-barang yang dapat digunakan kembali, barang-barang organik dan alami, serta barang-barang rumah tangga yang ramah lingkungan.
- Selain itu, Trendy juga merupakan waralaba yang menawarkan layanan pembersihan ramah lingkungan yang hanya menggunakan produk pembersih tidak beracun dan dapat terurai secara hayati untuk pelanggan perumahan dan komersial. Beradaptasi dengan gelombang hijau, Anda juga dapat memberikan layanan pengelolaan sampah yang unik, opsi daur ulang, dan nasihat pengurangan sampah untuk bisnis dan masyarakat.
- Anda juga dapat menginvestasikan uang Anda pada waralaba yang menyediakan atau mengembangkan teknologi ramah lingkungan, termasuk peralatan hemat energi, solusi rumah pintar, produk teknologi berkelanjutan, dan penerapan teknologi hemat energi untuk bisnis dan pemilik rumah.
- Dan yang terakhir, potensi besar dimiliki oleh waralaba yang mempromosikan praktik pertanian berkelanjutan dan pertanian organik serta mendukung petani lokal. Ini termasuk restoran sederhana, toko kelontong organik, dan layanan konsultasi pertanian.
Kesimpulan
Model bisnis waralaba yang berfokus pada ekologi adalah peluang bagus bagi siapa saja yang ingin berinvestasi dalam usaha yang signifikan secara sosial.
Mereka menguntungkan dan memiliki potensi besar di masa depan karena keinginan pelanggan yang semakin meningkat terhadap perusahaan yang mereka gunakan untuk memiliki kebijakan untuk mengatasi emisi karbon. Sama halnya dengan pengolahan limbah, daur ulang, pembersihan dengan produk ramah lingkungan dan penggunaan sumber energi terbarukan.
Untuk berita lebih lanjut klik thebritaintimes.co.uk